Selasa, 20 November 2012

Tugas 6


Apa itu bisnis franchising/ Waralaba ?

Waralaba ( dalam bahasa inggris Franchising ) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor ) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Jelaskan tentang franchising/ Waralaba lokal

Definisi
Waralaba adalah perikatan dimana satu pihak diberikan hak untuk melaksanakan bisnis dengan merek yang sudah ada / biasanya yang sudah terkenal. Jadi, Kalau begitu waralaba lokal adalah dua belah pihak yang melaksanakan bisnis dengan merk/ brand lokal yang ada di negara itu sendiri.

Contohnya
1.     Kebab turki baba rafi
2.     Ayam tulang lunak hayam wuruk
3.     Es teler 77
4.     Kebab turki baba rafi
5.     Tahu kreess
6.     Ayam dan bebek kremes kriuuuk
7.     Ayam goreng fatmawati
8.     Bakso malang cak eko
9.     Martabak alim
10.   Piramizza

Keuntungan
1.     Efisiensi dalam meraih target pasar melalui promosi bersama
2.     Terbentuknya kekuatan ekonomi dalam jaringan distribusi
3.     Pemilik outlet bermotivasi tinggi karena menyangkut pengembalian investasi & keuntungan usaha

Kerugian
1.     Perlu perubahan paradigma atas materi yang dijual
2.     Untuk membentuk sistem yang baku perlu adanya proses yang lebih birokratis
3.     Kewenangan ditangan franchisee ( kalau terlalu banyak ide yang merepotkan franchisor )

Manfaat
1.     Menghemat waktu, dana dan tenaga
2.     Memberi kemudahan dalam operasional usaha
3.     Memperkecil resiko kegagalan usaha

Kiat-kiat ntuk mempertahankannya
1.     Mengontrol pengeluaran
2.     Perencanaan yang matang
3.     Lokasi yang tepat dan strategis
4.     Selalu melakukan inovasi
5.     Mendengar keluhan konsumen



Sumber            :
http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba
http://www.bisnisdiary.com/10-franchise-indonesia-paling-populer-di-facebook.html
http://siskaayufitriyani.blogspot.com/2012/11/frachising-waralaba.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar